Monday 13 February 2017

Sinopsis Film Arrival 2017, Sebuah Drama Misteri di balik 12 Pesawat Asing

Sinopsis pagi ini tentang film Arrival yang menceritakan 12 pesawat luar angkasa misterius yang datang ke Bumi secara tiba-tiba. Seorang profesor ahli bahasa, Louise Bank dan Ian Donelly direkrut untuk mempelajari dan berkomunikasi penghuni pesawat luar angkasa yang mendarat di Amerika. Louise dan Ian harus mampu menterjemahkan bahasa mereka untuk mengetahui tujuan kedatangan mereka ke bumi, apakah makhluk asing tersebut bersahabat atau sebaliknya?

Tags : sinopsis film arrival, sinopsis film arrival 2017, maksud film arrival, sinopsis film great wall, sinopsis arrival 2017, penjelasan film arrival, ending film arrival, story of your life sinopsis, sinopsis film arrival 2016.

sinopsis film arrival 2017, maksud film arrival, sinopsis film great wall, sinopsis arrival 2017, penjelasan film arrival, ending film arrival, story of your life sinopsis, sinopsis film arrival 2016
Sinopsis Film Arrival 2017, Sebuah Drama Misteri di balik 12 Pesawat Asing
Informasi Film Arrival :
Judul: Arrival
Genre: Drama, Misteri, Sci-Fi
Rilis: 6 Januari 2017 (Indonesia)
Sutradara: Denis Villeneuve
Penulis Naskah: Eric Heisserer dan Ted Chiang (penulis cerita pendek Story of Your Life)

Daftar Pemain Film Arrival :
Amy Adams sebagai Louise Banks
Jeremy Renner sebagai Ian Donnelly
Forest Whitaker sebagai Colonel Weber
Michael Stuhlbarg sebagai Agent Halpern
Mark O'Brien sebagai Captain Marks
Tzi Ma sebagai General Shang
Abigail Pniowsky sebagai Hannah saat berumur 8 tahun
Julia Scarlett Dan sebagai Hannah saat berumur 12 tahun
Jadyn Malone sebagai Hannah saat berumur 6 tahun
Frank Schorpion sebagai Dr. Kettler
Lucas Chartier-Dessert sebagai Private Lasky
Christian Jadah sebagai Private Combs
Lucy Van Oldenbarneveld sebagai CNAC Anchor
Andrew Shaver sebagai Environmental Tech
Pat Kiely sebagai Environmental Tech

Official Teaser Trailer : 

Film Arrival diperankan oleh beberapa aktor dan aktris top Hollywood seperti Amy Adams, Jeremy Renner, Forrest Whitaker, dan masih banyak lagi.
Arrival dibuka dengan beberapa kilasan kehidupan Louise (Amy Adams) yang hidup bersama anak perempuannya dalam alunan syahdu musik dari Max Richter - On The Nature of Daylight, yang cukup membawa saya dalam situasi yang kelam nan putus asa. Kita diperlihatkan dengan kesedihan mendalam akan kehilangan seorang anak yang dirasakan oleh Louis. Duka kehilangan putri satu-satunya belum mampu ia tepis membuatnya merasakan kehampaan layaknya sebuah mayat yang hidup tanpa ada tujuan. Munculnya 12 kapal luar angkasa misterius yang datang di 12 titik berbeda di bumi pun tidak membuatnya begitu panik. Ia seolah tak peduli dengan kabar dan kejadian nyata yang ada di depan matanya.
Tak lama setelah dilakukannya evakuasi, Louise –yang seorang professor bahasa di sebuah kampus– kemudian diminta oleh Kolonel Weber (Forest Whitaker) bergabung bersama tim yang dipimpin oleh fisikawan teoritis Ian Donelly (Jeremy Renner) untuk mengetahui maksud kedatangan para alien itu ke bumi.

Momen ketika Louise pertama kali berada di depan pesawat luar angkasa yang ramai diberitakan membawa kita untuk ikut merasakan pengalaman mendebarkan. Sebuah benda asing yang tidak ketahui berada di depan kita. Apakah benda ini berbahaya? Makhluk seperti apakah yang berada di dalamnya? Apakah kita siap menghadapi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi kepada kita saat kita mencoba masuk ke dalam?
Dennis Villeneuve dengan dukungan sinematografi dari Bradford Young dan visual effect-nya juga berhasil memperkuat segala rasa penasaran dan ketidaktahuan kita dengan menghadirkan penampakan alien serta desain pesawat luar angkasa dengan sangat cantik sekaligus menakutkan. Di tambah lagi sound effect dan scoring music dari Johann Johansson sangat mendukung segala aspek kelam Arrival menjadikannya sebuah film yang mengesankan. Semakin lama film berjalan, kita dibawa ke dalam situasi drama dan misteri tentang para makhluk asing yang juga mencoba berkomunikasi dengan manusia. Kita akhirnya membuang jauh segala ide invasi brutal yang banyak disuguhkan dalam film-film alien ala Hollywood. Di sini, kita cenderung bertanya-tanya tentang siapa mereka, dari mana asal mereka, dan apa tujuan mereka datang ke bumi.
sinopsis film arrival 2017, maksud film arrival, sinopsis film great wall, sinopsis arrival 2017, penjelasan film arrival, ending film arrival, story of your life sinopsis, sinopsis film arrival 2016
Arrival menampilkan sebuah bahasa unik yang berbeda dari film invasi alien lainnya
Sedikit berbeda dengan A Monster Calls yang menampilkan nuansa misteri nan kelam dan ketidak-masuk-akalan yang sama, saya pribadi tidak begitu mengerti dengan baik cerita yang disuguhkan dalam film ini. Contohnya seperti kenangan Louise tentang anaknya yang ternyata merupakan kilasan masa depan yang diperlihatkan alien-alien ini. Bagaimana mungkin Louis begitu terhanyut dengan kilasan masa depan yang belum ia alami sama sekali membuatnya secara tidak sengaja menjadikan hal tersebut sebagai sebuah kenangan kelam yang sampai menggerogoti kehidupannya? Tujuan kedatangan alien-alien ini kurang begitu saya tangkap dengan baik. Bagi saya, kedatangan para makhluk asing ini begitu abu-abu. Saya tidak menerima jika tujuan kedatangan mereka hanya untuk memberitahukan bahwa Louise mampu melihat masa depan. Para makhluk asing ini pun berkata bahwa mereka telah membantu manusia sebelumnya dan akan meminta bantuan manusia di masa depan nanti dan mereka perlu bantuan Louise untuk meyakinkan seluruh umat manusia bahwa mereka tidak memiliki niat buruk atau menyatakan perang dengan manusia. Mungkin hal ini bisa dijadikan alasan tentang kerancuan makhluk asing ini yang ternyata mampu mengerti bahasa manusia, terutama bahasa Inggris. Namun, jika mereka telah membantu umat manusia sebelumnya, lantas dalam hal apa? Kali ini, mereka datang kembali untuk apa? Apakah kedatangan mereka hanya sebagai negosiasi awal akan proposal permintaan bantuan kepada umat manusia 300 tahun mendatang?
Bahkan pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak terjawab dengan jelas sampai mereka akhirnya menghilang. 
sinopsis film arrival 2017, maksud film arrival, sinopsis film great wall, sinopsis arrival 2017, penjelasan film arrival, ending film arrival, story of your life sinopsis, sinopsis film arrival 2016
Kenangan tentang Hannah merupakan kilasan masa depan Louis yang ditunjukkan oleh penghuni pesawat asing
Rating :
Story ----- 8,9
Graphic ----- 9
Music ----- 8,8
Plot ----- 8

Sekilas, film ini juga mengingatkan saya tentang cerita film Interstellar yang mempertanyakan munculnya blackhole didekat orbit Saturnus. Namun, di akhir cerita –walaupun masih dugaan– setidaknya ada teori yang menjelaskan misteri tersebut dengan jelas. Begitu pula dengan A Monster Calls yang membawakan cerita yang misterius, namun dengan segala kerumitannya lebih mudah untuk dimengerti oleh penikmat film awam. 
banner
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. Ternyata bukan cuma saya yg bingung tujuan utama dari alien datang. bahkan sy mesti ulang bagian akhir film krna masih belum paham. Saya cari artikel tentang film ini yang mungkin bisa membantu saya memahami cerita filmnya. Akrhinya bisa nemu artikel disini :D

    ReplyDelete
  2. Alien itu sudah menjelaskan tujuan mereka datang ke bumi, mereka ingin meminta bantuan pada manusia 3rb tahun akan datang, entah pertolongan seperti apa yang mereka butuhkan, menyuruh manusia menggunakan senjata/alat/teknologi mereka untuk membantu alien itu nanti, mungkin alien itu bertukar hadiah mereka memberikan kepada louise ( manusia ) untuk bisa melihat masa depan, sedangkan manusia membatu alien itu untuk menggunakan senjata/teknologi merek untuk membatu mereka (alien) dari serangan alien lain dimasa mendatang karna mungkin alien itu tidak memiliki senjata tapi hanya memiliki kemampuan melihat masa depan, dan tujuan 12 pesawat alien berada beberapa negara mungkin mereka ingin mempersatukan negara negara tersebut dan berfokus membuat atau meningkatkan persenjataan mereka dan bersatu dengan alien itu untuk melawan kejahatan yang aka terjadi di masa mendatang !!

    ReplyDelete